monopoli ..

Judul diatas bukan di maksudkan untuk berdebat, melebih-lebih kan nya di bulan #Ramadhan, tidak mengkaitkan nya dengan hal lain dan ini bukanlah endorsement. Ini hanya sekedar  berbagi informasi, di Inggris istilah nya damp-squib (topik yang semua orang sudah tahu dan gak perlu ditambahkan bumbu ini-itu). Apalagi ini gak ada kaitannya dengan judi, apalagi di bulan ini lebih penting banyakin amalan dan ibadah. Ya kan, Hihi

Adakah aspek #Ekonomi dalam permainan ini, hingga kini gak pernah kepikiran kesitu (dimainkan bareng saudara waktu kecil dulu, saat ini bersama teman, mungkin tua nanti dengan anak-cucu ?!@#). Yeee, jauh amit mikirnya.

Prinsipnya permainan monopoli mengajarkan kita beberapa hal penting dalam #Ekonomi itu sendiri. Yup, sudah pasti lah gak jauh-jauh lari dari topik #Ekonomi blog ini, Hehe. Beberapa aspek  diantaranya:

  1. Langkah pertama dalam permainan ini menggambarkan keragaman fungsi dan alat yang kita gunakan – seperti bagian top-hat, namun yang lain mungkin akan lebih memilih mobil balap atau scotty-dog.
  2. Dengan bermodalkan $1500 kamu sudah bisa mulai permainan ini, kamu tidak bisa membeli segala hal dimana tempat kamu lewat. Kita perlu optimalisasi alat yang ada dengan perhitungan (constrained utility maximization). Hindari membeli jalan, rel ataupun alat-alat diawal permainan karena saya yakin imbal hasil per dollar nya tidak setimpal dari membeli sebuah properti.
  3. Kamu perlu optimis, karena perlu pertahankan uang yang ada untuk membangun rumah dan tetap memiliki uang yang cukup untuk menghindari kebangkrutan saat kamu mengincar properti orang lain, ini penting sebelum orang lain keburu ambil alih properti kamu.