ternyata ..

Ooo begitu toh, pantesan .. tapi apakah ini sekedar alasan atau memang begitu adanya yah? Buat teman-teman yang pakai layanan unlimited broadband nya Fas*t dari Firs*a q mau share “alert” buat yang suka download dengan layanan broadband ini.  Intinya “hidden” policy mereka ini gak jauh beda dengan unlimited wireless broadband yang menurunkan kecepatan pada kondisi tertentu (sebelum dikembalikan ke speed langganan kita)

Cs: (Penjelasan panjang lebar)
Me: Koq kondisi ini tidak dijelaskan pada pelanggan secara resmi?
Cs: Ini memang sudah di set dari sistem monitoring
Me: Ok, jadi untuk berapa lama maximal kecepatan konstan download di benarkan, sebelum diturunkan oleh sistem?
Cs: (Diam dan ulangi penjelasan awal)
Me: (Gak nyambung !)
Cs: Begini mas, memang dari sitem monitoring nya begitu, berapa lama max kecepatan konstan yang dibenarkan saya kurang tahu.
Me: Hmm, begitu yah ..

Jadi ada 2-3 hari terakhir ini kecepatan download q bisa tiba-tiba menurun sampai setengah kecepatan paket q langganan. Jadi melayanglah email komplain q ke Cs Firs*a beserta screeenshot hasil tes kecepatan di speedtest. Mencengangkan memang ditunggu 1-2 hari gak ada jawaban dan barusan mereka telepon untuk konfirmasi email yang q kirim, jadi beberapa poin dari penjelasan mereka sbb:

a. Sistem akan batasi kecepatan pelanggan dengan tingkat download tinggi (konstan) untuk “sekian” jam.
b. Bila sistem mencatat kecepatan konstan download pelanggan untuk “sekian” jam, maka kecepatan akan diturunkan hingga 50% dari paket langganan kita.
c. Setelah terdapat interval waktu pada kecepatan download (konstan) maka akan dikembalikan ke kecepatan paket langganan (normal) dalam setengah hingga 1 jam.
e. Kebijakan ini ada untuk win-win solution atas hak akses bandwidth internet dengan pelanggan lain dalam premises (area) yang sama.

Yah, menurut q kebijakan mereka ini tidak jauh berbeda dengan yang ada di wireless broadband, bedanya Firs*a akan recover kecepatan langganan kita bila ada interval download (konstan) dalam 1 jam. Kalo di wireless broadband kecepatan turun saat pemakaian download melebihi sekian GB (gigabyte) data dan recover di bulan berikutnya.

Hehe, yah karena yang pakai internet bukan q aja, kurasa wajar ada trend pemakaian yang tidak q ketahui. Cukup bisa dipahami mereka punya kebijakan begini, toh bandwidth mereka diperuntukkan untuk keperluan semua pelanggan. Ternyata begitu toh.

;-)