eksperimen ..

obsesi google ttg proyek ini .. hahaMasih pada inget gak jaman skul dulu, ato ada yg pernah bayangin gimana alam semesta dgn galaksi2 terbentuk awalnya gimana? Itu merupakan misteri, menjadi awal munculnya teori Big Bang, dan banyak teori lainnya. Istilahnya partikel2 tertentu akan bertemu satu sama lainnya menciptakan letupan dahsyat.

Kenapa lo ngomong ini tiba2, Trik? Tenang2, ini cuma mau share aja tadi lihat di CNN berita CERN memulai aktifitas wahana akselerator partikel, ditempatkan di terowongan bawah tanah antara Perancis dan Switzerland. Yah, terserah apakah ini sekedar bualan fiksi atau memang teorinya begitu menurut hukum fisika, q jadi inget dokumentasi BBC mengenai “akselarator partikel” ini. Apa manfaatnya bagi pembelajaran dan buruknya dengan kemungkinan terciptanya Black hole. Wahana ini akan diaktifkan hari ini 10 September 2008 jam 7:30 GMT (sekitar jam 14.30 WIB)

Situs resmi; Collider Project
Large Hadron Collider
CNN; Kekhawatiran debut energi atom-smasher

Apa lagi sih Black Hole ini, Trik? Itu tuh sesuai namanya “lubang hitam”. Kalo di luar angkasa kita suka baca artikel terkait astronomi dan galaksi ada koq infonya. Ribet? Ini ringkasnya, Black Hole itu didefinisikan seperti lubang hitam yang lebih mirip tornado gede versi luar angkasa dan memiliki mata ditengahnya. Ia bergerak tenang dan menarik semua objek yang berdekatan, nah kalo kejadiannya itu diluar angkasa sana misalnya planet yang bersenggolan dgn pusaran Black Hole ini dipastikan terhisap ke tengah mata Black Hole dan dapat dikatakan persis disobek2 seperti kertas oleh pusaran Black Hole ini.

Lalu apa kaitannya dengan penjelasan lo di awal td, Trik? Jadi prinsip nya eksperimen ini sekedar mengujicoba bagaimana alam semesta ini ratusan juta tahun dulu terbentuk. Yang jadi pertanyaan q, proyek ini sejak 2003 udah ditentang habis2 an oleh praktisi dan beberapa negara, terkait keamanannya, dampak negatif, kemampuan penanganan krisis. Karena kesalahan kecil pada proyek ini akan membuktikan betapa cerobohnya kita dengan pengetahuan, dan bermain dengan alam seperti-Nya.

Skenario terburuk, bila Black Hole itu nongolnya di permukaan bumi, krn kebetulan proyek ini dijalankan di Eropa sono, kebayang aja objek yang bakal ditelannya ntar, bayangin aja “kiamat” kecil yang kita ciptakan sendiri. Mogaan aja qt yang skeptis (termasuk q) dgn eksperimen “aneh” ini, proyek berjalan tanpa masalah, krn sekali salah tuh lobang gak bisa ditutup lagi (teorinya blg intensitasnya melemah, tp apa bedanya toh).

Haha, ribet yah koq jadi ngomong ini yah gw?