mindmap ..

Ini sekedar review singkat mengenai salah satu buku yg q baca dlm 2 minggu ini. Seperti biasa walaupun ukurannya dah booklet gini teteup aja q gak bisa sekali baca kelar baca tuh buku. Bahkan buku non-fiksi “blood money” 200 halaman aja bisa ampe sebulan br selesai q baca, krn bacanya per stgh chapter selang 2-3 hari antaranya. hehe

Ok, back to topic .. “preambule” buku ini pernah q mention di post awal bulan ini, dan sebenarnya ada banyak quote menarik dalam teori “praktis” buku ini. Lebih ke bagaimana sikap, tindakan dan cara pikir kita sbg manusia.

Seperti yg pernah q mention dlm “simplr” wiki q, otak manusia memiliki karakterisitk khas, dengan kiraaan kapasitas sekitar 1000 Terabyte, kemampuan proses olah data yang massive dari sekedar super computer “roadrunner” yg di AS maupun “bumi virtual” yang ada di Jepang itu. Gimana otak bekerja, asumsi dibuat, persepsi telah banyak mempengaruhi kehidupan kita. Bahkan hal terkecil pun bisa menjadi “benih” perdebatan panjang dalam sejarah manusia.

Murphy’s Law muncul ditiap sudut pikiran kita, menciptakan asumsi, chaos (kekacauan), beragam opini atas apa yang akan, sedang dan mungkin terjadi. Bagaimana terkadang pemikiran “alternatif” sering membuat kita kehilangan fokus pada tujuan awal sebenarnya. Tidakkah kadang2 kita suka bingung menentukan sesuatu itu BENAR atau SALAH?

Kalo dalam istilah finansial kita meng counter “sesuatu” dengan diversifikasi aset, stock split, dll. Sama halnya dalam kehidupan meng counter “sesuatu” dgn mengambil “precautios measure” terkadang tidak selalu efektif, bahkan membuat kita merasa dalam “limbo“. Beberapa hal terjadi karena memang sudah “takdir” nya.

Keren nih, q pernah berpikir apa yg masuk dalam mimpi adalah sepenggal “snapshot” yg kita lihat, baca, dengar sebelum tidur. Kecendrungan hal ini terjadi sangat besar di kebanyakan orang, bahkan sugesti (tak langsung) dalam keadaan sadar sering membuat kita berubah haluan pikir karena otak akan mencari opsi rasional yg “mungkin” dan “aman” menurutnya. Jadi kalo ada yang bilang “man made of ego”, menurut q itu “mungkin” tapi jangan di generalisir krn tidak semua co bgt. Ego bisa muncul pada siapa saja, apalagi ditambah embel2 “human made marvel” spt HAM, ras, hukum adat, kelompok yang terkadang membuat “runyam” tatanan sosial dan interaksi manusia.

Berikut ini beberapa quote menarik dari buku ini (list nya banyak sih, tp hanya akan memenuhi blog q saja). Penulisan kalimat q reka ulang dr aslinya tanpa menghilangkan inti pesan yg disampaikan.

lo** is a cheap trick, fooling us for species longevity ” (somerset maugham, 1874-1965, a writer notebook, 1949)

lo** doesn’t seen by eyesight, instead of mind, that’s why feathered cupid described as blind” (william shakespeare, 1564-1616, a midsummer night dream, 1594)

talk while in anger and you’d threw the best word ever that regretful” (ambrose bierce, 1842-1914, writer and critcs)

Finally, menurut q “stumbleupon” book ini lumayan, mengingat ini salah satu dari sekian banyak karya terkait Murphy’s Law yang pernah di publish .. yeah a different perspective though. Sebuah buku “psychology alike” dengan gaya bahasa yg simpel akan menjadi referensi yang baik, dan tetep akan seru membahasnya dengan teman2 yg berkutat di psikoanalisis ?!@ Haaaah, 5 tahun berlalu kenapa q harus terlibat lagi dengan tmn2 yang di psikologi ?@#

Just kidding ..