Economy Thought

rice ..

Ok, we all know that most of the basic consumption meal price hike in recent month. Last month, our “humble” President SBY himself had ask FAO to help tackle scarcity and control the price of the rice in global market. And today i read an article, said the government officially open export license on rice product, hell no !!

Ok, katakanlah pemerintah menjanjikan stok beras dalam negeri aman, tapi jangan sampai rakyat kelaparan, antre beli beras gara-gara pemerintah lagaknya seperti lagi swasembada beras. Ingat ada 200juta lebih rakyat yang bergantung pada komoditas ini.

Secara historikal negara ini setelah gagal mempertahankan swasembada beras sejak tahun 80an itu, telah menjadi importir untuk komoditas ini, umumnya di impor dari negara se ASEAN juga seperti dari Vietnam. Kemarin juga sempat lihat di CNBC bahkan India dan Vietnam sendiri sudah menstop kebijakan ekspor pangan mereka, mengingat harga di pasaran yang tinggi saat ini, dan untuk menjaga kestabilan stok pangan di negara mereka.

Jadi katakanlah tinggal Thailand yang masih berpikir untuk menutup keran ekspor beras mereka atau tidak. Di Thailand sendiri bahkan petani melengkapi dirinya dengan senjata sejenis senapan laras panjang yang mereka gunakan sebagai langkah preventif dari adanya tengkulak dan bandar yang mencuri hasil panen padi mereka untuk dijual ke pasar gelap dengan harga tinggi.

So, which side Indonesia will be ?@#

3 thoughts on “rice ..”

  1. trix gimana kalo kita membiasakan diri untuk mengkonsumsi hamburger aja? 😆
    oh, atau semua anak yang lahir tahun 2008, tidak boleh makan nasi.

    aku jadi ingat kampung halaman eh,.. kalo ngomong2 tentang beras neh,..
    masa di kampung aku yang petani beras aja susah makan nasi,..
    pemerintah menyebalkan,..

  2. @bayu: hehe, boljug tuh bay’ q pgn makan burger di RCC lagi .. haha, tp dah coba BK yg di thamrin belum, lumayan juga bro’ .. coba aja. Btw, kalo qt mesti ubah habit mkn burger inget aja kalori dan fat dlm mknn ini, tipikal orang bule kan sering fast food makan ginian, tuh liat aja bentuk mereka pada “over” rata2 .. hehe

    @ridu; yoi, tp q dah terbiasa koq makan sampingan selain nasi, ubi, ketela, roti (terigu jg mulai mahal), tau ah maunya pemerintah ini apa ?@#

    :mrgreen:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *