india ..

Selain bollywood, banyak hal mengenai India yang luput dari perhatian umum. Menurut q ad 2 hal menarik ttg India, selain fakta mereka merupakan negara dengan kepadatan penduduk yang tinggi, terdapat kemauan yang tinggi untuk maju. Kalo mau dibilang, sungai Ganges dan jalanan Mumbai menjadi karakteristik unik yang gak jauh bedanya dengan Ciliwung dan daerah Kota (Jakarta).

1. 10 tahun kedepan, India maupun Indonesia punya masalah listrik yg kritis. Tau hebatnya India, mereka sudah punya reaktor nuklir sejak tahun 1960an dengan teknologi sendiri tanpa teknologi luar, negara kita ingin ikut2an bangun reaktor? ooops, hati2 lho!! Tau kah apa yang India punya kini, itulah yang ingin dibangun di Iran (solely for energy purpose). Jadi kenapa barat pada ketakutan, bukan kah AS sendiri punya 10,860 hulu ledak nuklir tersimpan yang gak jelas buat apa.

2. Di India ada namanya projek Butterflies, dimana anak2 dibimbing untuk melatih diri, bertindak sebagai mana orang dewasa bekerja (bukan child-labor). Bagian besar dari anak2 ini bahkan diposisikan menjadi teller di bank anak2, melakukan transaksi, kliring, simpanan nasabah, dll. Bahkan ada anak2 ini yang jadi manajer bank anak2. Dari satu sisi kita pasti menganggap ini bentuk child-labor yang lain, tapi kalo melihat dari apa yang diperoleh ini lebih cenderung mempersiapkan anak2 untuk aktif, tanggung-jawab dalam dunia nyata. Bahkan ada seorang anak dlm proyek ini pernah bekerja dibagian dapur di hotel berbintang di Mumbai, dan kini dia bisa punya usaha kuliner sendiri dan bersama yang lain memberi makanan untuk anak2 terlantar di sekitar.

trivia: tau kah, di Jepang ada semacam summer camp yang memiliki filosofi hampir sama dengan projek Butterflies di India ini (walaupun hanya simulasi sehari, respon anak2 Jepang ini luar biasa). jadi camp ini dinamakan Kids city, dimana semua aktifitas, petugas, layanan dilakukan oleh anak. jadi wkt itu bisa lihat anak2 jd teller bank, petugas lalu lintas, jd petugas CS perusahaan telekomunikasi, dan banyak lagi. hihi .. lucu jg liat mereka beraksi.