th.! id.? ..

Hmm hari ini trafik penerbangan bandara Don Muang int’l mulai beralih ke Svarnabhumi int’l airport di Thailand. Waaa, keren abiss struktur bangunannya dan katanya bisa nampung penumpang diatas 45 jutaan rata2, jd inget bandara2 besar lainnya di Asia spt KLIA (Malaysia), Chep Lap Kok (Hong Kong, ROC) dan Kansai (Jepang). Tapi itung2 kenapa bandara baru Thailand ini pindah dari Don Muang yang 25km utara Bangkok ke bagian selatan kota Bangkok yah .. 20km lah kira2, seingat g daerah sono trafik lalu lintasnya padat ” congested “ banget. Btw walaupun mereka masih ribut2 masalah politik, roda ekonomi dan kehidupan di thailand jalan spt biasa .. bagus !! (kontras bila dibanding indonesia kalo ribut2 politik, kelakuannya gak masuk akal).

Anyway, kalo mau banding-in, bandara int’l kita yg cukup memberi kontribusi cuma di Soekarno-Hatta ini aja, jujur aja misalnya g ambil contoh bandara MIA int’l airport yang di Padang (Sumatera Barat) aja trafiknya kalah ama Pekanbaru dgn bandara SSQ-II (Riau). Kalo g nyebutnya ” .. langang-nyo MIA di padang, padek-nyo SSQ-II di pekanbaru “ .. hehehe, no offense lho !!

Menyeluruh kalo mau dibilang, Indonesia masih jauh dari implementasi, konvergensi transportasi dan fasilitas massal yang komprehensif serta tangguh. Masih jauh, masih mengharap, hanya doa dan tekad yg bener aja yang bisa kita usahakan membaiknya manajemen ekonomi – politik bangsa ini, biar tidak saling tumpang tindih seperti sekarang !!

(triq_econ_watch#11b)