aneh ..

22.34 – Late at night, i’ve just been notified by a friend .. urges to watch latest NBA season on ESPN at my home. How come ?! Again STAR disconnect it’s relay from MEASAT (Astro) to INDOSTAR (Indovision) satellite, so beginning May 1st all Indovision subscriber no longer had ESPN, Star Movie, Star Sport, NGC !!. Kacian amit pelanggan Indovison yah, belum jelas alasan ribut2 beberapa payTV, ditambah pemerintah yang menyinggung soal hak labuh MEASAT yg digunakan Astro untuk layanan mereka di Indonesia, mungkin karena kesal pihak STAR dan Astro mutusin relay ke beberapa payTV Indonesia. Sementara pelanggan payTV dari Kabelvision, Digital1 dan rekanan Astro tidak bermasalah ?!17.55 – Ini lagi dengerin komentar LP3ES di SCTV, soal rencana pembatasan BBM oleh pemerintah. Koq g nangkepnya ni peneliti nggak ngerti apa ?! Mau substansial tapi koq jadi aneh. Kontra-nya dia bilang tidak ada alasan melakukan pembatasan dengan alasan berikut, dan g punya amatan sbb:

1. Penguatan Rp dari asusmi 9,900 ke 8,845 saat ini tidak menjadi alasan pemerintah untuk membatasi pemakaian BBM dengan tujuan pengurangan beban kewajiban terhadap impor yg harus dilakukan. Pengamat perlu ingat, penguatan yang qt liat sekarang itu belum ditopang oleh faktor fundamental yang solid, aliran dana memang masuk tapi itu volumenya lebih besar di bursa dan pasar uang, bukan pada investasi nyata. Ingat spekulan, walaupun dengan kontrol BI yang ketat saat ini masih punya celah kapan saja untuk menarik investasi tak-nyata mereka tersebut.
2. Menyinggung soal poin 1, memang qt kaya akan SDA tapi ingat banyak sumur2 lama yang tdk bs beroperasi lagi krn memang terbatas kapasitas dan butuh teknologi baru untuk extract isi perut bumi itu. Pe*** punya keterbatasan permodalan untuk eksplorasi dgn teknologi2 baru itu, PMA aja spt Ch*** di Riau sendiri terapin 2 teknologi yang dikenal DSF (Duri) dan EOR (Minas) biar bisa terus produksi. Alhamdulillah kalo BUMN qt bisa jd world-class company, tapi dengan kritisi pengamat yang kurang konstruktif (problem solver) seperti saat ini apakah itu mungkin ?!
3. Memang regulasi dan pembatasan itu agak muluk2 bila diterapin secara massal, mungkin akan lebih baik selektif dan/atau membenahi distribusi di lapangan yang bermasalah. Dan ingat subsidi yang diberikan selama ini itu candu. Kembali ke awal ini kan cm masalah benerin manajemen yg gak bener aja

16.12 – Mengenai registrasi pra-bayar, hmm kl dari yg g liat akhir2 ini masyarakat masih mengandalkan dan familiar dgn regitrasi via SMS, bahkan mereka2 ini nggak tahu bisa daftar via call center/grapari masing2 operator. Nah apa yang salah ya ampe 1/3 pengguna ponsel di Indonesia ampe gak tau cara registrasi (alternatif), bahkan kemaren di bandara sempat ktm kolega dari singapura, dia crt2 baru ini dia liat ada negara yg daftarin data HP pre-paid, duh dodol juga ni orang menurut g .. Cina aja sama beberapa negara eropa aja udah lama bikin aturan ginian. kita aja kebablasan .. telat ..

(triq_econ_watch#11c)